1 Mar 2010

cerita.INSPIRATIONALtitik

Berupa tulisan tepatnya salinan dari sebuah buku yang buku baca tiap kudatangi salah satu toko buku besar di kota Bandung. Tertarik dengan banyak hal unik yang ada di dalam buku itu buatku tak bosan untuk kemabali lagi datang ke gudang buku itu dan melihat judul yang sama. Kata 'Mahal" sangat cocok di gantung pada bandrolnya karena tabungan uang jajanku tak bakal cukup untuk menhantarkan buku itu ke maja kasir. Rasa tak puas hanya dengan melihat dan membolak-balik halaman demi halaman dan sekedar mengintip potret unik pada buku itu. Sedikit keinginan untuk memeiliki bagian sedikit ilmunya dengan menyalin pada sebuah note di ponsel pinjaman seorang kawan.

Sedikit banyak, ku harap salinan ini bakal bermanfaat disini, dan bisa buat inspirasi penuh pada perubahan dalam hal baru.


Buku:
KUMPULAN TULISAN FOTOGRAFI
"Kiat Sukses Deniek G. Sukarya dalam fotografi dan stock foto membuka mata kita untuk menemukan kembali dunia yang ada di sekitarkita"

Belajar fotografi adalah belajar melihat

SEBUAH JENDELA UNTUK MELIHAT DUNIA
(terlampir besar di halamannya)
Fotografi adalah seni melihat, mengajarkan pada kita cara unik dalam melihat dunia sekaligus memberikan penyadaran baru akan segala keindahan yang ada di sekitar kita, dalam kehidupan sehari-hari manusia, pada secercah senyum tulus anak desa, pada wajah-wajah yang bersimbah keringat, dalam sebuah keagungan alam semesta, pada sekuntum kembang rumput dimana kita semua menjadi bagian yang tak terpisahkan.
Energi positif yang mampu menjadi katalis pada perubahan yang lebih baik.

Bagaimana kita memulai??
(bagian terpenting yang sangat ingin ku tahu untukbisa dasar aplikasinya)
Menguasai pengoperasian kamera dengan peralatan fotografi, memilih peralatan fotografi yang tepat untuk kebutuhan kita.

- Menguasai, mempelajari prinsip teknik dasar fotografi.
(betuull..kenali kameramu, mulailah mengetahu seluk beluk tombol-tombol yang ada pada kamera yang dipakai)
-Memahami secara efektif untuk menciptakan komposisi yang kuat.
(setelah kenal dekat dengan kamera dan paham tentang tekniknya, mulailah untuk belajar pahami komposisi dan alur harmonisasi dalam pengambilan gambarnya)
- Berlatih yang banyak dan lebih banyak lagi, setiap saat, diaman saja.
(YUUPP!!!!Latihan dan latihan, teruslah ulik keunikan pada apa yang dilihat dan rekamlah!!)


KOMPOSISI SECARA SEDERHANA
(jelas, terlampir dengan besar pula pada halaman selanjutnya)

Komposisi adalah seni mencipatakan harmoni pemmbagian bidang dengan memnfaatkan berbagai elemen visual yang tersedia : alur garis, bentuk, cahaya, bayangan, warnadan tekstur. Walaupun banyak aturan dasar tentang komposisi yang paling penting adalah mengikuti naluri keseimbanagan visual kita.


BELAJAR KOMPOSISI ADALAH BELAJAR MELIHAT.

MENEMUKAN HARMONI DALAM MELIHAT MELALUI MATA HATI KITA.

Inilah yang membuat kita menjadi individu yang unik yang eampu menciptakan karya komposisis yang khas dan berbeda dari karya orang lain.

Aturan Dasar Komposisi:
Hanya ada sru pusat perhatian dan akan memberi dampak visual yang kuat pada pandangan pertama juga memberikan sebuah daya tarik yang memikat pada komposisi2 secara keseluruhan. ciptakan arah pandang yang jelas dengan memandu pandangan mata kita ke ke bagian terpenting dari foto sehingga foto kita akan dapat bercerita secara fasih tentang ide/pesan yang ingin di sampaikan melalui foto.
(februari,22,10)@tko bku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar